Misteri Nessie (julukan monster Loch Ness) sudah ada sejak berabad-abad lalu. Merupakan hewan misterius dan belum teridentifikasi yang mendiami sebuah Loch (Danau) di Skotlandia. Sebagian ilmuan dan ahli lainnya menemukan bukti-bukti yang menyatakan bahwa Nessie hanyalah sebuah Hoax/salah identifikasi obyek. Namun masyarakat sekitar beranggapan bahwa Nessie benar-benar ada, dan menganggapnya seekor plesiosaurus.

Ada banyak orang yang berusaha meyakinkan kebenaran Monster Loch Ness dengan menggunakan berbagai tipuan. Namun yang paling terkenal dan menggemparkan adalah Surgeon Photo, foto yang dibuat oleh Dr. Robert Kenneth Wilson pada 19 April 1934.

Foto ini menampakkan sosok nessie secara jelas. Di situ nessie terlihat sedang menyembul dari permukaan air dengan menampakkan kepala dan lehernya yang panjang. Dari foto itu, berkembanglah berbagai dugaan tentang apa sebenarnya Nessie ini. Namun, ada juga tetap meragukan apakah Nessie benar-benar ada.

Setelah diselidiki, foto itu ternyata dibuat oleh Duke Wetherell dan putranya Ian. Nessie yang mereka foto pun palsu. Monster itu dibuat oleh putra tiri Duke yang bernama Spurling.

Foto nessie palsu itu diserahkan Duke pada temannya, Chambers. Duke meminta Chambers membujuk Dr. Wilson agar menjualnya ke koran Daily Mail atas nama Dr. Wilson. Duke Wetherell sengaja memasukkan foto nessie itu untuk membalas dendam pada perusahaan koran Daily Mail. Koran Daily Mail telah menulis berita yang membuat Duke Wetherell malu.

Pada tahun 1994, Martin berhasil menemui Spurling. Martin mengorek keterangan dan mendengar pengakuan Spurling tentang foto itu. Saat ditemui Martin, Spurling sudah berumur 93 tahun dan dia merasa bersalah telah membohongi banyak orang.

Iklan