Para pemain Real Madrid menilai raihan tanpa trofi salah satunya disebabkan kesalahan yang mereka lakukan sendiri. Musim suram ini tidak akan dilupakan dan akan dijadikan bahan pelajaran.

Sekitar sepuluh bulan silam Madrid begitu agresif di bursa transfer. Triliunan rupiah dibelanjakan oleh Los Merengues untuk mendatangkan pemain berstatus bintang.

Namun para megastar itu ternyata belum berhasil menghadirkan prestasi apa pun bagi Madrid di musim ini. Ini merupakan kali kedua secara berturut-turut Los Blancos mengakhiri musim tanpa trofi setelah musim lalu hal serupa terjadi.

Meski begitu para punggawa Madrid bertekad untuk tidak serta merta melupakan temporada 2009/2010 ini.

“Memang mengakhiri musim tanpa trofi memang terasa pahit. Namun kami harus terus ingat bagaimana kami kehilangan poin di laga-laga penting. Ini bukan waktunya menyesal. Kami harus belajar dari kesalahan yang terjadi,” tegas bek Sergio Ramos di situs resmi Madrid.

Di La Liga musim ini tim yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut empat kali menelan kekalahan yakni dua kali diderita dari Barcelona, kemudian Sevilla dan Athletic Bilbao.

Di Copa del Rey langkah tim asuhan Manuel Pellegrini dihentikan oleh tim gurem Alcorcon. Sedangkan di Liga Champions Madrid masih belum berhasil keluar dari kutukan 16 besar di mana musim ini Lyon menjadi pelakunya.

“Di sepanjang tahun ini kami beberapa kali mendapatkan pukulan telak. Masalahnya terletak pada kesalahan yang kami lakukan di momen-momen penting. Namun kami selalu bisa pulih dari kondisi ini,” timpal Raul Albiol.

Triliunan rupiah sudah dikeluarkan. Hasil nyata sejauh ini belum terlihat. “Anda tidak bisa menuntut bahwa proyek (Los Galatcicos) ini bisa bekerja dalam waktu yang singkat,” kata gelandang Esteban Granero.

“Yang jelas kami musim depan bakal semakin kuat. Kami tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi,” tegasnya.

Messi Jadi El Pichichi

Lionel Messi mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Gonzalo Higuain untuk menggondol status top skorer Liga Spanyol. Pesepakbola Argentina itu juga menorehkan sederet rekor gol di Barcelona.

Messi mengamankan posisi puncak daftar top skorer Liga Spanyol dengan dua gol yang dia lesakkan ke gawang Valladolid di pekan terakhir La Liga Primera. Tambahan dua gol darinya tersebut sekaligus mengantar The Catalans menang 4-0 plus mempertahankan gelar juara liga.

Dengan tambahan tersebut, total gol yang dibuat Messi di Liga Spanyol musim ini berjumlah 34. Dia unggul dari duo Real Madrid yang duduk di posisi dua dan tiga, yang berturut diisi Gonzalo Higuain (27) dan Cristiano Ronaldo (26).

Buat Messi, ini adalah kali pertama dia merengkuh gelar top skorer. Sebuah sukses yang diikuti keberhasilan lain terkait beberapa rekor yang dia pecahkan di klubnya, Barcelona.

Seperti dikutip dari Marca, dengan total 47 gol yang dia buat di semua kompetisi, Messi menyamai rekor Ronaldo Nazario sebagai pesepakbola Barcelona dengan jumlah gol terbanyak dalam satu musim. Si gigi kelinci asal Brasil itu membukukan rekor tersebut di musim 1996/1997.

Messi sebelumnya juga masuk dalam buku sejarah Barca karena dia telah menjadi salah satu pemain Barcelona yang bisa mencetak lebih dari 30 gol dalam satu musim. Pesepakbola 22 tahun itu bergabung dengan nama-nama besar legenda Barcelona lainnya semisal Mariano Martin, Romario, Ronaldo dan Samuel Eto’o.