The Great Blue Hole merupakan lubang pembuangan air besar yang terletak di pesisir Belize. Berada dekat dengan Lighthouse Reef, sebuah atol kecil berjarak 60 mil sebelah timur daratan Belize. Blue hole berbentuk lingkaran sempurna berdiameter 205 meter dan sedalam 146 meter.

Pada mulanya Blue Hole adalah sebuah gua kering besar dengan stalaktit dan stalagmit yang terbentuk ketika permukaan laut lebih rendah pada jaman itu. Ketika jaman es berakhir, air laut membanjiri gua. Sebuah gempa besar menyebabkan langit-langit gua runtuh dan membentuk semacam lubang pembuangan. Ketika menyelam di Blue Hole kita bisa melihat langit-langit gua bersisi stalagtit maupun stalagmit.

Pemandangan dalam Blue Hole sungguh menakjubkan. Sisa-sisa stalaktit dan stalagmite terlihat eksotis. Dindingnya yang tipis tersusun atas formasi yang unik. Sampai kedalaman 44 meter kita bisa menemukan berbagai hewan laut seperti udang di semua dinding gua, anemon, berbagai jenis ikan seperti ikan lampu neon, angelfish, butterflyfish, hamnlets, kerapu. Pada salah satu terowongan gua kita ddapat menumpai hiu langka. Elkhorn karang yang tumbuh ke permukaan dan seafans ungu menampakkan warna yang berkilauan. Di kedalaman lebih dari 61 meter praktis hanya sedikit makhluk yang dapat ditemui.

Dalam gua banyak ditemui terowongan, beberapa dipercaya terhubung langsung dengan gua di daratan. Salah satu gua sisi barat pada kedalaman 70 meter, ada terowongan sempit yang menghubungkan ke gua yang lebih besar. Dasar gua tertutupi dengan endapan lumpur yang halus. Suhu tahunan pada kedalaman 40 meter sekitar 24 derajat Celsius.