Anda mungkin sudah tahu kalau minuman bersoda dan jus buah kemasan dapat merusak gigi. Lebih tepatnya membuat gigi mudah keropos. Selain dua minuman tersebut, vitamin berbentuk tablet atau biasa disebut vitamin effervescent, juga memiliki dampak yang sama.

Hal itu menurut penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Helsinki, Finlandia. Tim melakukan penelitian pada delapan jenis vitamin effervescent, dan semunya menimbulkan efek korosif pada gigi.

Vitamin tersebut membuat mineral yang terdapat pada gigi terlepas, sehingga membuatnya lebih rapuh, mudah keropos dan rentan terhadap pembusukan. Dalam studi tersebut, gigi direndam dalam minuman vitamin selama 100 jam. Penelitian menunjukkan vitamin tablet effervescent yang mengandung vitamin C dan kalsium tinggi, menyebabkan demineralisasi.

“Jika Anda minum vitamin tablet effervescent setiap hari, kondisi gigi akan melemah. Kerja gigi juga akan menjadi tidak optimal,” kata Dr. Mervyn Druian, juru bicara British Dental Association, seperti vivanews kutip dari Daily Mail.

Kandungan asam sitrat dalam vitamin tersebut yang menjadi penyebab gigi rapuh. Hal itu menurut penelitian yang dilakukan tim dari University of Baltimore Dental School. Erosi gigi disebabkan oleh larutan asam yang kontak dengan gigi. Hal itu karena pH kritis enamel gigi yaitu 5,5. Larutan dengan pH rendah dapat menyebabkan erosi gigi, terutama penggunaannya dalam jangka panjang atau jika diminum secara teratur.

Selama satu jam setelah Anda mengonsumsi vitamin, jus buah dalam kemasan, atau minuman bersoda,enamel gigi akan terus melunak. Selama periode tersebut, gigi menjadi lebih rentan terhadap korosi, sensitif dan mudah busuk. Terutama, jika Anda langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman tersebut, karena akan cenderung malah mengangkat enamel gigi.