Hati-hati jika meminta pendapat teman saat memilih pakaian. Ia bisa memilihkan pakaian yang tidak cocok untuk Anda, agar penampilannya tidak tersaingi. Menurut survei yang dilakukan oleh MyCelebrityFashion.co.uk, satu dari empat wanita akan berbohong pada temannya soal berpakaian untuk membuat dirinya tampak lebih baik. Beberapa bahkan mengungkap sengaja mennyiram minuman pada pakaian teman yang dianggap menyaingi penampilannya. Para ahli mengatakan temuan ini menunjukkan wanita jauh lebih kompetitif dan itu sifat alami wanita. Satu dari 5 wanita mengaku tak memberitahu temannya saat alami kesalahan pada penampilan.

“Dalam terminologi biologi, hal ini memang sangat benar. Ini adalah tentang bertahan hidup dan menarik pasangan terbaik untuk diri sendiri. Tentunya wanita tidak ingin merusak peluang sendiri,” kata Phillip Hodson, dari ‘British Association for Counselling and Psychotherapy’, seperti dikutip dari Daily Mail.

“Wanita sering tidak rasional dan lebih emosional. Terkadang ada keinginan untuk membuat orang lain terlihat bodoh atau konyol,” tambahnya.

Penelitian ini melibatkan 1.629 wanita dan sebanyak 38 persen wanita mengatakan kebohongan soal penampilan temannya saat memberikan pendapat, untuk meningkatkan kepercayaan diri.
Dari jumlah tersebut, dua pertiga mengatakan pada temannya, ia tampak bagus menggunakan pakaian tertentu padahal tidak. Sisanya mengatakan pakaian yang dikenakan temannya terlihat buruk padahal sebenarnya bagus. Dan, hal itu hampir selalu dilakukan karena ingin tampil lebih baik dibandingkan yang lain.

Satu dari sepuluh wanita merasa ‘terintimidasi’, karena pakaian bagus yang dikenakan temannya. Lalu, satu dari lima wanita mengaku tidak memberitahu temannya saat mengalami kesalahan pada penampilan, seperti rok terselip atau kertas toilet yang menempel di sepatu. Alasannya, karena mereka pikir itu lucu. Untungnya, banyak juga wanita yang memberikan pendapat jujur kepada teman soal pakaian sebesar 36 persen.

“Hasil penelitian menunjukkan bagaimana pakaian bisa memicu rasa cemburu. Ini tren yang mengkhawatirkan karena bisa berpengaruh negatif pada hubungan pertemanan,” kata Andy Barr dari MyCelebrityFashion.co.uk.