Stres bisa dibilang adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Agar tidak berujung menjadi depresi, ada resep mudah mengusir dan meredam stres. National Institute of Play menyatakan, bermain adalah aktivitas yang baik buat kesehatan mental Anda. “Sebuah kehidupan atau budaya yang tidak memiliki atau kekurangan permainan akan memiliki risiko mengalami gangguan kesehatan.”

Prevalensi depresi, stres berhubungan dengan penyakit, kekerasan interpersonal, kecanduan obat-obatan, kesehatan dan masalah kesejahteraan buruk mungkin saja dialami mereka yang tidak pernah melakukan aktivitas bermain. Jadi, tak hanya olahraga, istirahat cukup dan mengonsumsi makanan bergizi yang bisa mebuat Anda hidup lebih lama. Memiliki rasa senang dan bahagia juga perlu mendapatkan porsi sama dalam kehidupan Anda.

Permainan apa saja yang efektif?

Bermain di luar ruangan
Untuk orang dewasa yang mungkin jarang bermain bebas sejak SD, keluar rumah adalah cara termudah dan terbaik untuk menikmati suatu kegiatan bermain. Cukup melangkah ke luar rumah dan pergi ke taman, Anda bisa menemukan suatu permainan. Tak ada salahnya Anda mencoba kembali untuk sekadar bermain ayunan di taman. Pasti rasa senang bisa Anda rasakan.

Melakukan sesuatu yang disukai
Anda akan merasa bersemangat kembali jika memberi kesempatan pada diri sendiri untuk melakukan hal yang disukai. Efeknya, Anda tidak akan pernah merasa tua. Bila bermain tenis, merakit rumah boneka atau bermain sepatu roda adalah kesukaan Anda, tak ada salahnya Anda melakukan semua itu lagi. Hasilnya, mood Anda akan baik sepanjang hari.

Gunakan objek permainan
Kapan terakhir kali Anda menerbangkan layang-layang, atau menyepak bola? Menggunakan objek bermain untuk membangkitkan kegembiraan bisa membantu Anda mendapatkan kebahagiaan. Melakukan aktivitas bermain seperti ini akan lebih efektif kalau dilakukan bersama keluarga.

Buat jadwal makan di luar
Merencanakan makan malam di luar rumah bersama keluarga bisa jadi hal menyenangkan. Bukan saja buat Anda tapi juga untuk suami dan anak-anak. Lokasi baru sebagai tempat makan malam, bisa menyegarkan pikiran Anda dan keluarga. Atur waktu dan diskusikan bersama, tempat yang cocok untuk Anda dan keluarga makan malam.

Olah tubuh
Salah satu alasan banyak orang menyukai yoga dan aerobik adalah saat melakukan aktivitas itu, Kebanyakan dari mereka yang melakukannya merasa seolah sedang bermain. Gerakan fisik seperti berjalan atau duduk, mungkin sudah biasa. Tapi, melakukan aktivitas seperti gerakan aerobik melompat-lompat sambil menyalakan lagu favorit Anda bisa menciptakan rasa senang dan bahagia.

Permainan kata
Bermain tidak selalu harus ribut atau menggerakkan tubuh. Bermain tebak kata juga bisa menjadi pilihan menyenangkan lainnya. Permainan tenang seperti teka-teki silang, sudoku termasuk sebuah permainan juga. Lakukan aktivitas ini di sela-sela waktu Anda saat dalam perjalanan atau tengah beristirahat santai.

Iklan