Perut Anda makin membuncit? Jika selama ini Anda berusaha merampingkannya dengan beragam latihan dan tidak berhasil, cobalah untuk berenang dengan intensif. Meskipun berenang terkesan seperti main-main dibandingkan olahraga lain, tetapi cukup efektif membentuk otot perut dan membakar kalori. Hal itu karena air memberikan perlawanan yang memaksa otot untuk bekerja lebih keras. Selain itu, air dapat membakar 11 kalori per menit.

Agar lebih efektif, lakukan tiga jenis latihan berikut untuk membentuk otot perut.

– Mengapung
Untuk membentuk perut, cobalah mengapung dalam air. Caranya dengan gerakkan tangan Anda untuk tetap menjaga keseimbangan. Kepala tetap ada di permukaan air dan gerakkan kaki seperti bebek. Cobalah angkat kaki kanan atas hingga sejajar dengan pinggul, lalu tahan selama lima detik. Lalu dengan cepat kembali keposisi semula dan angkat kaki kiri dan juga tahan selama lima detik. Lakukan secara bergantian selama 30 detik.

Awalnya memang sulit untuk menjaga keseimbangan, tetapi lama-kelamaan tubuh akan beradaptasi sehingga lebih seimbang.

– Waist Trim
Dengan posisi menghadap ke kolam renang, letakkan tangan di sisi kolam. Lalu, angkat lutut ke arah dada, kemudian luruskan kaki ke depan. Ayunkan kaki Anda ke kiri, kanan, lalu kembali ke tengah. Tahan perut dan buanglah napas saat Anda menarik kaki ke bagian depan tubuh sampai dada. Ulangi latihan ini hingga 10 kali.

– Papan apung
Papan apung bisa Anda manfaatkan untuk latihan membentuk oto perut. Berdirilah dalam air, lebarkan kaki Anda, pegang papan dengan satu tangan bisa kiri bisa kanan. Kemudian, gerakkan papan dengan tangan secara perlahan ke dalam air sambil kencangkan otot perut, lalu kembalikan posisi papan ke permukaan air. Lakukan hingga 15 hitungan. Lakukan juga menggunakan tangan kiri. Latihan ini tidak hanya mengencangkan otot perut tetapi juga otot tangan.