Bagi banyak perempuan, patah hati merupakan momen dimana paling merasa terpuruk dan sulit untuk dilalui. Namun setiap orang pasti mampu untuk bangkit kembali dengan jalan ini. Jangan menunda-nunda melupakan mantan kekasih Anda. Ini saatnya Anda bisa menormalkan kembali hidup Anda dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Menerima
Anda harus menerima kenyataan dengan situasi yang telah terjadi saat ini. Ingat, hubungan Anda sudah berakhir dan Anda harus menerima kenyataan, mungkin memang membutuhkan waktu yang agak panjang untuk bisa benar-benar melupakannya. Namun Anda harus mulai menyadari bahwa Anda telah berpisah. Jangan biarkan pikiran Anda berfantasi tentang hubungan yang indah bersamanya. Apalagi mengharapkan mantan kekasih kembali kepelukan Anda. Buka lembaran baru dengan hidup baru Anda dan memotivasikan diri bahwa ini benar-benar telah berakhir dan Anda harus ‘move on’ .

Jauhi Diri Anda dari Mantan
Mungkin suatu hari Anda bisa berteman kembali, tapi kali ini bukan saat yang tepat untuk Anda menjalin hubungan apapun dengan mantan kekasih. Perasaan Anda baru saja terluka. Percayalah, menghubungi mantan kekasih Anda hanya akan membuat keadaan semakin buruk. Tahanlah diri Anda untuk tidak menghubunginya dan tidak menjawab teleponnya. Jika perlu hapus nomor teleponnya.

Berhenti Membicarakan Dia
Pada awalnya Anda perlu berbagi cerita dengan teman-teman dekat dan orang-orang disekitar Anda. Dengan bercerita, Anda sedikit merasa lebih lega. Setalah Anda cukup bercerita dan terbuka dengan teman-teman Anda berhentilah berbicara tentang mantan Anda setiap saat. Bila Anda terus menceritkan tentang mantan Anda, ini akan terus ada dipikiran Anda dan Anda akan terus berkutat dengan masalah ini. Beralihlah dengan topik dan pembicaraan lain yang lebih menyenangkan untuk Anda dan tentunya untuk teman-teman Anda. Teman Anda pun akan merasa bosan jika Anda terus bercerita tentang mantan Anda.

Simpan Barang-Barangnya
Foto, hadiah atau apapun yang mengingatkan Anda dengan dia pasti akan membuat Anda kembali larut dalam kesedihan. Namun langsung membuang semua benda yang berhubungan dengannya terkesan berlebihan. Oleh karena itu, kumpulkan semua barang ke dalam sebuah kotak kemudian simpanlah di tempat yang jarang Anda masuki, seperti gudang.

Ambil Sebuah Pelajaran dari hal ini
Daripada menyalahkan diri sendiri dan dia, lebih baik belajar dari hubungan tersebut. Belajarlah untuk bisa berpaling dan menjalankan hidup dengan normal setelah Anda putus cinta. Masalah seperti ini bisa dijadikan pengalaman berharga. Segala sesuatu dalam hidup, baik dan buruk, sakit hati dan bagaimana mengatasinya dapat dijadikan pengalaman. Ambil sisi baik dan buruk dari diri Anda selama menjalani hubungan dengan mantan Anda. Tulis di selembar kertas dan catatlah kekurangan dan kelebihan Anda, hal ini untuk memperbaiki diri.

Fokus Pada Diri Sendiri
Pastikan Anda memberikan banyak waktu untuk diri sendiri sebelum Anda memulai hubungan dengan orang baru. Biarkan diri Anda sibuk dengan aktivitas-aktivitas baru. Luangkan waktu untuk bersama sahabat-sahabat Anda dan dengan keluarga.

Biasanya, beberapa saat setelah Anda putus, Anda merasa kurang percaya diri. Lakukan sesuatu untuk membuat Anda lebih percaya diri, misalnya dengam memotong rambut, berdandan, menicure pedicure dan shoping, lakukan hal ini bersama sahabat wanita Anda untuk lebih bersamangat dan mengembalikan keceriaan Anda.

Keluarlah dan bertemu dengan orang-orang baru
Kini saatnya Anda harus keluar rumah dan bertemu dengan orang-orang baru. Bertemu dengan orang baru memungkin Anda bertemu dengan ‘pria idaman’ baru. Anda pun merasa tertantang kembali dengan memulai flirting dengan orang-orang baru. Namun Anda tak peru terburu-buru melakukannya. Jangan memperlihatkan kalau Anda kesepian dengan menggoda setiap lelaki. Anda harus mengenal orang tersebut lebih jauh sebelum memutuskan untuk kembali menjalin hubungan pria.

Jangan membandingkan
Setiap orang memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Sangat sulit untuk mendapatkan pria yang memiliki sifat yang sama dengan mantan kekasih Anda. Oleh karena itu, jangan pernah membandingkan pria lain dengan mantan kekasih Anda. Hal tersebut justru akan membuat Anda melangkah mundur dan kembali teringat akan kenangan dengan mantan kekasih.