Seorang ayah tentu ingin sekali menyaksikan anaknya berlaga di pentas Piala Dunia. Di Meksiko, seorang ayah bahkan rela meninggalkan pekerjaannya demi melihat langsung penampilan si buah hati. Adalah Javier “Chicharito” Hernandez akan memperkuat Meksiko pada Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan 11 Juni-11 Juli mendatang. Pemain anyar Manchester United berusia 22 tahun itu akan menjadi salah satu ujung tombak Tim Sombrero.

Kesempatan ini tak ingin disia-siakan sang ayah yang tak lain adalah mantan striker Meksiko, Javier Hernandez Gutiérrez. Gutiérrez pun memutuskan berangkat ke Afsel untuk menyaksikan langsung penampilan sang anak. Sayangnya, niat ini tidak mendapat lampu hijau dari tempatnya bekerja, klub Chivaz Guadalajara. Manajemen tidak mengabulkan permohonan izin cuti yang telah diajukan Gutiérrez yang menjabat sebagai manajer cadangan tersebut.

Tanpa pikir panjang Gutiérrez pun memutuskan untuk keluar dari tempatnya berkerja. Ia resmi mangajukan pengunduran diri sejak 11 hari lalu.

“Saya mengajukan izin untuk berangkat ke Piala Dunia, dan mereka tidak mengabulkannya,” kata Hernandez kepada wartawan.

Loyalitas keluarga dalam menghadapi Piala Dunia 2010 juga ditunjukkan oleh keluarga Dos Santos. Namun, berbeda dengan keluarga Hernandez, keluarga Dos Santos justru menarik dukungan dari timnas Meksiko. Ya, keputusan Pelatih Meksiko, Javie Aguirre mendepak Jonathan dos Santos (20 tahun) telah membuat keluarganya berang. Sang ayah, Zizinho mengancam selamanya tak akan mengizinkan anaknya bermain untuk Meksiko.

Kecaman juga datang dari kakak kandung Jonathan, Giovani. Pemain tengah itu mengancam akan meninggalkan skuat Meksiko sebagai bentuk protes terhadap keputusan Javier.