Reputasi tiram sebagai afrodisiak memang sangat melegenda.  Anda mungkin mengetahuinya dari mulut ke mulut. Tapi tahukah Anda zat apa  yang ada di dalamnya hingga bisa meningkatkan gairah bercinta pada kaum pria dan wanita. Peneliti dari Italia dan Amerika sengaja membuat penelitian untuk menelaah kandungan dalam tiram. Mereka meneliti empat varietas hewan moluska, yang terkenal bisa meningkatkan hormon dan gairah seksual.

Menurut para peneliti, keempat hewan moluska itu, -kerang, remis, tiram memiliki senyawa D-aspartic acid (D- Asp) dan N-methyl-D-aspartate (NMDA). Senyawa itulah yang bersifat afrodisiak karena mampu menstimulasi produksi hormon testosterone pada kaum pria dan estrogen pada wanita. Produksi hormon tersebutlah yang akan memicu gairah dan aktivitas seksual.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti juga menganalisa komposisi kimia dari berbagai tipe hewan moluska yang banyak di konsumsi di negara  Mediterania seperti Spanyol, Portugal, Italia dan Yunani. Hasilnya menunjukkan kandungan D-Asp dan NMDA pada kerang, tiram dan remis di
laut Mediterania sangat tinggi.

Penelitian tersebut dipublikasikan dalam Pertemuan American Chemical Society di San Diego, Amerika Serikat. Nah, sekarang Anda sudah tahu alasan mengapa tiram, kerang atau sejenisnya disebut sebagai penghasil hormon “cinta”.