Warga Blitar digegerkan penemuan ular berkepala manusia. Ular yang telah menjadi mumi yang baru ditemukan Zamroji (40), warga Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, itu pun menarik perhatian warga dari berbagai daerah sekitar Blitar. Warga yang datang berduyun-duyun bahkan rela antre berjam-jam agar dapat melihat mumi itu.

“Saya penasaran mendengar cerita tetangga bahwa ada mumi berbadan mirip ular. Makanya, saya sengaja datang ke sini,” kata Suparno (30), di sela-sela antrean panjang di rumah Zamroji, Minggu.

Setelah mendapatkan kesempatan melihatnya, dia kaget dan menganggapnya benda tersebut adalah “jenglot”.

“Bentuknya mirip `jenglot`, bukan mumi,” katanya.

Benda tersebut berukuran kecil. Panjang tubuhnya sekitar 20 centimeter dan kepalanya sebesar ibu jari orang dewasa. Kepala benda tersebut menyerupai kepala wanita dengan rambut panjang, namun bibirnya dilengkapi taring.

Bentuk “jenglot” berwarna hitam itu cukup menyeramkan. Benda itu ditempatkan di dalam kotak kaca berukuran sekitar 1 x 0,5 meter. Kaca tersebut juga ditutup dengan kain putih dan ditaburi bunga melati. Zamroji menemukan benda tersebut di sumber air Buntung, sekitar satu kilometer dari rumahnya, Sabtu (12/06) sekitar pukul 10.00 WIB.

Awalnya dia ragu mengambil benda tersebut, namun setelah dipikir-pikir dia memberanikannya membawa pulang benda ajaib itu. “Saya langsung mengambilnya. Benda itu sangat unik,” katanya menuturkan. Hingga saat ini rumah Zamroji masih dibanjiri warga. Untuk masuk ke rumah itu, warga harus bergantian lima orang-lima orang. Polisi pun turut berjaga-jaga di sekitar rumah itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Walau demikian, sejumlah warga masih meragukan apakah benda tersebut memang mumi atau jenglot. Sejumlah warga yang telah melihatnya menduga ada kemungkinan kepala jengglot itu terbuat dari boneka kayu yang banyak dijual di pasaran.

Sumber:

http://erabaru.net/featured-news/48-hot-update/14502-ular-berkepala-manusia-gegerkan-blitar