“Ada dua macam orang: Mereka yang tidur nyenyak dan sulit tidur.” Setidaknya, itulah persoalan tidur yang sering diceritakan. Tak terhitung orang di seluruh dunia yang menderita beberapa bentuk gangguan tidur. Praktisi pengobatan tradisional Tiongkok percaya beberapa jenis makanan dapat menyembuhkan penyakit ini. Pada artikel ini, saya menampilkan beberapa hidangan yang akan membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak. Di dunia saat ini  sangat sulit untuk mendapatkan tidur nyeyak. Bahkan menjadi sebuah kemewahan yang hanya dinikmati sangat sedikit orang. Menurut laporan medis Amerika, saat ini orang sangat sibuk dengan karir mereka, keluarga dan kegiatan sosial. Sehingga rata-rata tidur malam mereka telah berkurang satu setengah jam dibandingkan generasi sebelumnya. Sementara itu, insomnia, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, telah menjadi sebuah penyakit yang mengancam kesehatan masyarakat. Beberapa data menunjukkan 35 persen orang Tionghoa menderita insomnia; 17 persen dalam keadaan serius, dan 77,3 persen gangguan tidur ringan. Di Shanghai, misalnya, dilaporkan lebih dari 40 persen penduduk menderita beberapa derajat gangguan tidur. Wanita 1,5 kali lebih mungkin menderita gangguan tidur. Banyak orang-orang telah mencoba berbagai obat membuat mengantuk, atau obat tidur, yang telah mempengaruhi kesehatan mereka.

Studi menunjukkan tidur yang baik adalah sumber energi dan bahkan lebih penting, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Yang membuat  tubuh kuat melawan virus. Para ahli menyarankan orang rata-rata memerlukan antara tujuh dan delapan jam tidur setiap malam.

Mengalami Kesulitan Tidur?
Tiga hal waktu tidur normal, jumlah yang cukup dan kualitas istirahat — berkontribusi untuk tidur nyenyak. Secara umum, ada tiga jenis gangguan tidur:

1. Kesulitan tidur;
2. Tidur ringan, atau gampang terbangun dan
3. Bangun lebih awal atau sering terbangun.

Beberapa orang tidak mengalami gangguan tidur yang serius, namun dapat menimbulkan banyak kesulitan. Insomnia kronis atau gangguan tidur dapat membahayakan tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan kurang konsentrasi, kurang kekebalan tubuh, dan gangguan kekebalan lainnya.

Menurut praktisi obat tradisional Tiongkok, gangguan tidur adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor eksternal atau gangguan yang melibatkan organ internal — seperti jantung, hati, kandung empedu, perut dan / atau ginjal.

Tips Mengatasi Gangguan Tidur:
1. Mengatur waktu tetap untuk tidur;
2. Jangan pergi tidur sampai Anda siap untuk tidur;
3. Jangan berpikir atau merencanakan  hari berikutnya pada saat sebelum tidur;
4. Jangan melakukan hal-hal lain, seperti membaca atau menelepon di tempat tidur;
5. Hindari kafein seperti kopi, cola, teh, coklat atau rokok di malam hari;
6. Hindari minum alkohol;
7. Hindari obat-obatan yang dapat mempengaruhi tidur;
8. Hindari kekacauan jadwal;
9. Hindari makanan manis dan / atau makanan berminyak sebelum tidur. Jika lapar, coba susu, roti atau buah;
10. Menciptakan lingkungan yang nyaman untuk tidur;
11. Lepaskan pikiran;
12. Coba alat bantu tidur, seperti penutup telinga dan penutup mata
13. Melakukan beberapa gerakan (olahraga)
14. Bercinta sebelum tidur, dan / atau
15. Mandi melemaskan otot.

Terapi Makanan

Saat ini, banyak orang percaya makanan lebih baik daripada obat, dan memang terdapat beberapa jenis makanan yang kami percaya dapat membantu menyembuhkan gangguan tidur.

Tremella dan Biji Lotus

Bahan: 50 gram tremella (jamur kuping putih), 30 gram biji lotus, kurma kering 10-15 biji

Bumbu: 2-3 ons gula batu (boleh diganti gula pasir)

Persiapan:

1. Bersihkan bagian-bagian yang keras dan kuning tremella, lunakkannya dengan air panas.

2. Setelah dibersihkan, rendam biji teratai dengan secangkir air panas sampai mereka lunak.

3. Tambahkan air ke mangkok, masukkan tremella, biji teratai dan kurma kering, rebus selama satu jam sebelumnyamenambahkan gula batu dan aduk selama 30 menit.

Teh Lengkeng

Bahan: 25 gram lengkeng kering, 25 gram ubi, 25 gram buah goji dan 25 gram aprikot.

Bumbu: 25 gram madu

Persiapan:

1. Aduk madu setelah menambahkan air yang telah direbus.

2. Bersihkan lengkeng, buah goji dan aprikot dengan air hangat.

3. Kupas ubi setelah dibersihkan, potong dan kukus dengan semua bahan lainnya di atas api sedang selama sekitar 90 menit.

Bubur Gandum Wangi dengan Jujube

Bahan: 30 gram gandum, 100 gram beras merah, lima jujube* kering.

Persiapan:

1. Bersihkan gandum dan memasaknya setelah menambahkan air.

2. Keluarkan gandum yang sarinya sudah masuk ke dalam sup, tambahkan beras dan jujube kemudian masak  sampai matang.

Jujube* adalah tonik tanaman untuk darah yang digunakan dalam pengobatan China yang dapat menenangkan spirit dan menambah energi pada limpa dan perut. Jujube mengandung protein, gula, vitamin C, kalsium, fosfor, besi dan nutrisi bermanfaat lainnya.