Seks memang dapat menjadi bagian yang benar-benar menyenangkan secara alami. Namun, hal itu dapat membuat seseorang stres jika terhalang fobia seks. Ada beberapa ketakutan berlebihan dalam hal seks yang bisa dialami seseorang. Apa sajakah itu? Berikut istilah dan arti dari fobia seks:

Medomalacuphobia, adalah takut mengalami kehilangan ereksi. Banyak pria merasa gugup jika ia dianggap tidak sanggup memuaskan pasangannya. Fobia ini juga didiagnosis sebagai kecemasan berlebihan sebelum bercinta.
Gymnophobia adalah ketakutan terlihat tanpa busana oleh pasangan. Biasanya, fobia ini tak hanya takut dilihat tanpa busana, tapi juga takut melihat pasangan tanpa busana.
Menophobia adalah ketakutan mendapat haid. Biasanya, wanita yang mengalami fobia ini takut mengalami nyeri atau gejala PMS lainnya.
Anuptaphobia adalah takut berstatus lajang atau tidak punya pasangan.
Heterophobia yang juga disebut sexophobia, adalah rasa takut terhadap lawan jenis. Fobia ini tergolong paling parah dalam kategori fobia seks.
Erotophobia, yang diduga bentuk paling umum dari fobia seksual. Yaitu, ketakutan dari semua hal berbau seks. Eantah itu, pertanyaan seksual, atau pengetahuan seksual.
Eurotophobia atau kolopophobia, adalah ketakutan pada organ intim wanita. Eurotophobia kondisinya berbeda pada tiap penderitanya. Ada yang merasa jijik saat membayangkan organ intim wanita, tapi ada juga yang langsung merasa bergairah.
Tocophobia adalah takut kehamilan dan kelahiran.
Oneirogmophobia merupakan ketakutan pada mimpi basah.
Coitophobia adalah ketakutan pada aktivitas seks.

Tidak peduli seberapa aneh terdengarnya, banyak fobia seks timbul dari situasi umum yang menyedihkan. Mulai dari penganiayaan, atau hubungan cinta traumatis. Dua hal ini bisa meningkatkan kecemasan yang berujung pada fobia seks.

Jika mengalami salah satu dari fobia ini, segeralah berkonsultasi dengan psikiater atau seksolog untuk ditangani secara tepat.

Iklan