Multiple Sclerosis (MS) tergolong penyimpangan sistem saraf. Apakah obat mujarab bagi seorang pecandu alkohol? Alcoholics Anonymous (semacam gerakan sosial). Organisasi ini menyarankan orang untuk menuang alkohol ke saluran kota. Selain itu organisasi Constipation Anonymous, juga mengajarkan pesan serupa bagi mereka yang mengosongkan isi perut dengan menggunakan obat pencahar kronis. Namun ada obat yang aman, murah, dan alami untuk sembelit yang hampir 99,9% tidak diketahui masyarakat.

“Setiap menit lahir seorang yang dungu”, pernyataan ini mengacu pada orang-orang yang menjadi korban produk iklan besar dan mengeluarkan triliunan rupiah untuk menangani sembelit.

Dokter yang sibuk umumnya hanya memiliki sedikit waktu untuk mendiskusikan penyakit umum ini bersama pasiennya. Jadi seringkali pasien penderita sembelit akan mencari penyembuhan sendiri melalui apotek lokal. Dengan cepat kebiasaan ini akan merusak jaringan di dalam pencernaan, yang artinya penggunaan pencahar seumur hidup. Beberapa tahun lalu, saya mewawancarai Dr. Linus Pauling, satu-satunya pemenang Hadiah Nobel dua kali yang tidak dipublikasikan. Tujuannya untuk mendiskusikan risetnya atas vitamin C dan peranannya dalam mencegah penyakit kardiovaskular.

Selama pertemuan, dia membuat pernyataan yang mengejutkan, “Saya juga mengonsumsi vitamin C untuk berjaga-jaga, cara alami untuk mengobati sembelit.”

Jadi berapa dosis yang dia konsumsi, dan bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada dosis yang spesifik bagi pencernaan setiap orang, jadi ini memerlukan sedikit eksperimen diri. Namun disarankan untuk mengonsumsi dengan jumlah yang lebih rendah terlebih dahulu kemudian secara bertahap meningkatkannya, karena jika kebanyakan akan menyebabkan diare, dan dalam beberapa kasus yang jarang terjadi akan menyebabkan sakit perut.

Awal yang bagus adalah mengonsumsi 2.000 mg saat makan malam dan 2.000 mg saat makan pagi. Namun jangan kecil hati jika dosis ini belum bekerja. Mayoritas pasien saya mendapatkan hasil terbaiknya dengan menggunakan 5.000 mg tiap malam dan 5.000 mg tiap makan pagi. Biasanya ini menghasilkan pergerakan pencernaan tepat sebelum berangkat bekerja.

Namun ada ketentuan lain. Makan pagi sebaiknya tidak hanya secangkir kopi dan langsung berangkat bekerja. Sarapan harus mencakup semangkuk serat atau sereal berserat tinggi. Tambahkan pisang atau beberapa buah lain. Dan sementara menikmati sarapan, juga penting menikmati minuman hangat.

Mengapa rutinitas ini berhasil? Fakta vitamin C sebagai pencahar alami adalah alasan utama. Namun dia dibantu oleh mekanisme jaringan saraf fisiologis alami yang disebut “refleks lambung kolon”. Sarapan berserat tinggi akan menstimulasi jaringan saraf dalam usus besar untuk memicu pergerakan pencernaan.

Saya sadari bahwa ham dan telur untuk sarapan mungkin lebih menyenangkan daripada semangkuk sereal berserat tinggi. Jika itu masalahnya, ham, telur, dan vitamin C kemungkinan masih tetap merupakan paduan penyembuh sembelit. Namun vitamin C akan lebih bekerja secara sempurna jika dipadukan bersama sereal berserat tinggi. Disamping itu, mayoritas orang belum dapat memenuhi kebutuhan akan seratnya 45 gr sehari.

Mengurangi ketegangan untuk menghasilkan pergerakan usus dapat mengurangi risiko divertikulosis (terbentuknya kantong kecil pada dinding usus), hernia kolon kecil, dan ada beberapa bukti yang menunjukkan jika hal tersebut mungkin dapat mengurangi risiko kanker pada pencernaan usus besar.

Apakah ada komplikasi dari konsumsi dosis besar vitamin C, terlepas dari kemungkinan terjadinya diare?

Ada keyakinan lama yang menganggap vitamin C dosis tinggi menyebabkan batu ginjal. Namun tidak ada bukti medis penting yang melaporkannya. Sebenarnya, mayoritas batu ginjal terbentuk dalam urin yang bersifat alkalin, dan karena vitamin C mengasamkan urin, maka kemungkinan terjadi kecil sekali.

Pauling mengonsumsi 20.000 mg vitamin C setiap hari selama bertahun-tahun dan hingga usianya 95 tahun.

Cara lain yang sedikit mahal untuk mendapatkan vitamin C adalah membeli 500 gr bubuk asam askorbik, yang merupakan vitamin C. Asam ini dapat dibeli di seluruh apotek. Satu sendok teh sama dengan 5.000 mg, yang dapat dicampur dengan sedikit jus jeruk.

Sumber: http://www.erabaru.net