Semua pasti mengira makan sayur akan berguna bagi kesehatan akan tetapi ini merupakan paradigma yang salah. Ada pantangan yang patut kita ketahui.

1. Jangan mengonsumsi tomat sebelum makan nasi

Mengonsumsi tomat sebelum makan nasi dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung, akan menimbulkan gejala tidak nyaman seperti perut mulas atau sakit.

2. Jamur yang direndam terlalu lama

Jamur kaya akan ergosterol. Substansi ini akan menghasilkan vitamin D setelah menerima sinar matahari. Jika direndam atau dibersihkan terlalu lama akan kehilangan kadar ergosterol dan nutrisi lainnya.

3. Tauge yang dimasak dengan api yang kurang panas

Tauge yang kurang matang mengandung zat inhibitor tripsin dan zat berbahaya lainnya, setelah dimakan dapat menyebabkan mual, muntah, diare, pusing dan reaksi merugikan lainnya.

4. Pare yang tidak dibilas

Kandungan asam oksalat yang terdapat dalam pare dapat mengganggu atau menghambat penyerapan kalsium dalam makanan. Maka sebelum dimasak, pare harus dibilas terlebih dahulu dalam air mendidih supaya asam oksalat terbuang.

5. Jus wortel yang diminum bersama dengan arak atau minuman keras

Para ahli AS menemukan bahwa jus wortel yang kaya karoten yang dikonsumsi bersama alkohol dapat menghasilkan racun di hati dan menyebabkan penyakit lever.

6. Sayur hijau yang disimpan terlalu lama

Sayur masak yang disimpan terlalu lama bisa menimbulkan sejumlah besar nitrit, meskipun jika dilihat tidak tampak rusak, namun bisa menyebabkan keracunan ringan, terutama bagi orang yang tubuhnya lemah dan sensitif.