Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah bisa berdampak serius pada kesehatan Anda. Mulai dari rasa sakit kepala, penyakit jantung hingga serangan stroke yang berujung pada kematian. Untuk itu, sangat penting menjaga pola makan untuk menstabilkan kadar kolesterol. Level kolesterol bisa diketahui melalui pemeriksaan darah. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kadar kolesterol dalam darah Anda sangat tinggi, perbanyaklah konsumsi tiga makanan ini.

1. Sayur dan buah
Sayur dan buah mengandung banyak serat yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Serat bisa memperlambat pencernaan, yang bisa mengurangi penyerapan beberapa nutrisi, seperti pati dan gula. Serat larut ini juga mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus dan dampaknya bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Menurut University of Maryland Medical Center, menambahkan serat larut dalam diet dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan kaya akan lemak tak jenuh, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Makanlah segenggam kacang setiap hari untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Anda bisa mengonsumsi kenari, kacang tanah, almond, kedelai atau kacang hijau. Tetapi ingat, kacang-kacangan juga tinggi kalori. Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan. Pilih juga kacang segar yang diolah tanpa minyak.

3. Asam lemak omega 3
Asam lemak omega 3  adalah asam lemak esensial, yang sangat penting bagi kesehatan. Tetapi, tubuh tidak bisa memproduksi nutrisi ini sendiri, sehingga Anda harus mendapatkannya melalui makanan. Ikan, seperti salmon, tuna, makarel, kaya akan asam lemak. Sumber lain asam lemak omega-3 yaitu rumput laut dan avokad.