Alkisah, seorang manusia, dengan tidak peduli menuang seember air. Air yang dituang dengan cepat mengalir membuat keadaan sekeliling menjadi basah. Di atas tanah, tampak sehelai rumput yang diterjang oleh air tersebut, mengambang bagaikan sebuah perahu. Diatas rumput ini kebetulan ada seekor semut kecil, dia melihat air berada disekelilingnya, dia tidak tahu air itu sebenarnya seberapa banyak dan seberapa dalam?

Semut kecil diatas rumput ini menjadi panik ketakutan, “Oh Tuhanku! Saya harus lari kemana?, apakah ada daratan yang aman? Habislah saya, sekali ini saya benar-benar celaka,” ujar semut kecil putus asa. Belum sempat semut kecil ini berpikir dengan tenang, air sudah habis mengalir. Rumput pun kandas kembali ke tanah, semut kecil ini melihat sudah tidak ada air lagi, hanya terlihat tanah yang masih basah. Semut kecil dengan cepat mengangkat kakinya yang kecil, dengan tergesa dia keluar dari “perahu kecil”. Akhirnya dengan segera dia berhasil menemukan teman-temannya sedang berkumpul.

Setelah melihat teman-temannya semut kecil ini menjadi sangat sedih, sepertinya dia sudah mengalami malapetaka yang sangat besar, dia menangis tersedu-sedu, dia menceritakan pengalaman pahitnya. ”Teman-temanku, saya hampir tidak bisa bertemu lagi dengan kalian. Tadi dalam sekejab, saya hampir ditenggelam oleh banjir besar.” “Betulkah? Wah tentu sangat menakutkan ya!”

Para semut sangat terkejut mendengar pengalaman pahit yang diceritakankan oleh semut kecil yang “beruntung” ini , dengan sedih, mereka semua menghapus air mata. Para semut kecil  ini tidak tahu betapa besarnya dunia ini. Coba lihat, mereka hanya mengalami sebuah bencana kecil yang disebabkan oleh seember air sudah menjadi heboh, pada saat ini mereka sedang merayap diatas jalan raya, jika menegakkan kepala memandang, akan terlihat di depan mereka ada sebuah jalan raya yang dari keempat penjuru mobil melaju dengan cepat.

Dunia ini demikian luas, karena berpandangan picik, menghadapi kejadian kecil lalu membuatnya menjadi heboh akan menjadi bahan tertawa orang lain.