Sering merasa sulit berkonsentrasi saat bekerja? Jika hal ini terjadi, biasanya ada sesuatu yang mengganggu atau membuyarkan fokus Anda. Salah satu penyebab utama adalah perangkat teknologi, seperti telepon atau komputer. Masalahnya, perangkat teknologi sangat diperlukan untuk menunjang pekerjaan. Tapi, bukan berarti problem ini tak bisa siasati. Ini cara yang bisa dilakukan agar konsentrasi Anda tidak terganggu saat bekerja.

1. Pesan dari komputer
Saat bekerja, ada beberapa gangguan yang bisa muncul dari komputer Anda. Salah satunya, computer alert atau pesan dari komputer yang ‘memberitahu’ Anda, adanya email, tweet, atau chatting. Jika speaker di komputer Anda dinyalakan, biasanya akan terdengar suara, seperti ‘ting’ atau ‘ding’ ketika ada pesan baru untuk Anda. Atau, bahkan ada penggalan kalimat atau isi pesan yang muncul di komputer Anda. Nah, hal-hal inilah yang bisa langsung membuyarkan konsentrasi Anda.  Solusinya, matikan suara speaker di komputer Anda agar tidak terganggu, dan bisa tetap fokus menyelesaikan tugas.

2. Telepon
Jika Anda mendapatkan banyak telepon dan kesulitan mengabaikan panggilan saat fokus bekerja,  sebaiknya matikan volume dering telepon. Sisihkan waktu tertentu di waktu makan siang untuk menghubungi atau membalas pesan dari panggilan yang tak sempat Anda terima.

3. Tak membuat daftar dan membuat rencana

Seringkali konsentrasi kerja terganggu ketika Anda tak memiliki target kerja dan strategi untuk mewujudkannya. Padahal dengan rencana kerja yang telah disusun bisa membuat Anda lebih fokus dan bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Maka itu, mulailah menyusun jadwal atau rencana kerja Anda dengan baik.

4. Meja berantakan
Lembaran kertas yang terlihat berantakan di atas meja juga bisa membuyarkan konsentrasi. Jika Anda punya banyak kertas atau benda-benda tidak penting di atas meja, sebaiknya dirapikan terlebih dulu sebelum memulai pekerjaan.

5. Kesibukan rutin
Ketika tubuh dan lingkungan kerja terasa stagnan, pikiran Anda bisa sulit fokus ke pekerjaan. Cobalah istirahat sejenak untuk meningkatkan energi dan membuat Anda kembali fokus bekerja.

6. Lingkungan
Jika ruang kerja Anda dipenuhi banyak orang yang menimbulkan banyak suara, tentu hal ini bisa mengganggu pekerjaan. Apalagi bila Anda tipe pekerja yang bisa serius dalam suasana tenang.  Jika hal ini terjadi, jangan diam saja. Anda bisa mengungkapkan hal ini pada atasan, dan meminta ruang kerja yang lebih tenang. Ungkapkan juga, jika pekerjaan Anda bisa selesai tepat waktu dan memuaskan, tentu juga akan menguntungkan perusahaan.