Kecanduan bisa terjadi pada siapa saja. Pengertian kecanduan sendiri adalah toleransi abnormal dan ketergantungan pada sesuatu, baik secara psikologis ataupun fisik yang membentuk kebiasaan.  Sebenarnya ada banyak jenis kecanduan, tetapi ada sepuluh jenis kecanduan yang sangat umum. Kenali penyebab dan bahayanya.

1. Alkohol
Saat alkohol terbilang mudah didapatkan orang dewara. Konsumsi alkohol meskipun dalam jumlah kecil sebenarnya bisa mengganggu kondisi mental dan fisik. Alkohol juga bisa memicu seseorang kecanduan berkepanjangan. Kecanduan alkohol dalam waktu lama efeknya sangat luar biasa merugikan, karena bisa menurunkan fungsi otak.

2. Rokok atau tembakau
Kategori ini termasuk rokok, pipa, cerutu dan mengunyah tembakau. Kandungan nikotin dalam rokok yang sangat tinggi masuk dalam pembuluh darah, yang kemudian mengalir ke otak. Nikotin inilah yang sampai ke ‘pusat kesenangan di otak’ dan membuat kecanduan.

3. Obat-obatan
Kecanduan obat termasuk semua jenis obat baik legal maupun ilegal. Jadi, obat yang dijual secara bebas juga bisa membuat seseorang kecanduan. Untuk itu, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

4. Judi
Saat judi bukan hanya untuk kesenangan saja tetapi mulai tidak terkontrol, itu adalah tanda kecanduan. Jika tidak diatasi bisa menghancurkan kondisi keuangan bahkan hubungan pribadi baik dengan pasangan, orangtua, maupun orang sekitar.

5. Makanan
Makanan memang diperlukan oleh tubuh. Tetapi ketika seseorang tidak mampu mengontrol nafsu makannya terutama ketika mengalami perasaan sedih, marah atau kecewa, tandanya ia mengalami kelainan kebiasaan makan atau kecanduan. Untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut harus dilakukan terapi intensif.

6. Permainan video
Kecanduan ini sering terjadi pada orang yang bermain jenis permainan MMORPG (Massive Multiplayer Online Role-Playing Games). Dalam tipe permainan ini, seseorang menjadi karakter tertentu dan melakukan interaksi dengan pemain lain. Jika mengalami kecanduan, seseorang bisa menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari bermain tanpa berhenti.

7. Internet
Saat ini semua orang menggunakan internet untuk mempermudah pekerjaan dan aktivitas. Jika seseorang tidak bisa menemukan koneksi internet, kemudian merasa panik atau marah bisa jadi penanda kecanduan internet.

8. Seks
Ketika perilaku seksual seseorang di luar kendali dan tidak pernah merasakan kepuasan, bisa jadi ia mengalami kecanduan seks. Selain itu juga ditandai dengan timbulnya masalah di tempat kerja atau di rumah, terkena penyakit menular seksual, mencari rangsangan seksual dari cara-cara ilegal seperti penggunaan pelacur. Kadang waktu dan pikirannya dihabiskan untuk merencanakan pertemuan berikutnya dengan berbagai partner seksual.

9. Belanja
Kecanduan belanja biasanya muncul saat seseorang mengalami masalah emosi dan stres. Ia kemudian melampiaskannya dengan berbelanja. Hal ini bisa menimbulkan masalah keuangan serius dan disfungsi gaya hidup.

10. Bekerja
Saat pekerjaan menjadi obsesi berlebihan, sebaiknya hati-hati. Obsesi bia mengubah orang menjadi kecanduan kerja. Hal ini biasanya ditandai dengan perasaan panik saat jauh dari tempat kerja dan tidak mengakses informasi kondisi kantor. Saat bersama keluarga atau sedang berlibur, pikiran pun tertuju pada pekerjaan dan sangat sulit memercayai orang lain atau bawahan untuk menangani pekerjaan.

Iklan