Saat ini, lensa kontak sudah sering digunakan untuk menggantikan kacamata. Selain lebih praktis, lensa kontak juga bisa menunjang penampilan. Tapi, menggunakan lensa kontak juga memiliki aturan. Karena, memakai lensa kontak sembarangan bisa menyebabkan gangguan fatal pada mata Anda. “Selain harus selektif memilih lensa kontak, cara merawat dan memakainya pun perlu diperhatikan,” kata Dokter spesialis mata, dari Departemen Mata FKUI, dr. Tri Rahayu. dr. Tri pun memberikan tips cara tepat menggunakan lensa kontak agar terhindar dari iritasi:

1. Sebelum memutuskan menggunakan lensa kontak, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter spesialis mata. Sebab, tidak semua gangguan penglihatan pada mata bisa menggunakan lensa kontak.

2.Lensa kontak sebelum digunakan perlu di-screening untuk mencegah mata alergi atau infeksi. Setelah dilakukan screening biasanya dokter akan menyarankan lensa kontak apa yang bagus digunakan dan cocok buat Anda.

3. Jika Anda memiliki gangguan pada mata, seperti mata kering, hindari penggunaan lensa kontak, karena bisa memperparah kondisi mata.

4. Bila memiliki kelainan pada kelopak mata, seperti kelopak tidak bisa menutup dengan sempurna, jangan coba-coba menggunakan lensa kontak karena bisa menyebabkan kornea rusak.

5.Layaknya gigi, ada atau tidak ada keluhan pada mata setelah menggunakan lensa kontak sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter setiap 6 bulan sekali.

6.Jika merasa tak nyaman dalam penglihatan selama menggunakan lensa kontak sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter.

7. Jangan berada di tempat berdebu atau berada di tempat yang banyak mengandung uap kimia, karena bisa menyebbakan lensa kontak mudah terkontaminasi.

8. Usahakan tidak menggunakan lensa kontak lebih dari 10 jam. Sebelum memakai lensa kontak, sebaiknya gunakan tetes amata sebagai pelumas, atau gunakan air mata buatan tanpa bahan pengawet, dan rutin membersihkan lensa kontak serta gunakan lensa kontak sesuai batas waktunya.

9. Jangan gunakan lensa kontak harian lebih dari satu hari, atau jangan gunakan lensa kontak di luar aturan batas pemakaian.

“Jika merasa tak nyaman saat menggunakan lensa kontak, sebaiknya pemakaian dihentikan, jangan tunggu sampai mata merah, gatal dan berair,” kata dr. Tri memaparkan.