Lebih 33 juta orang di dunia diduga terinfeksi virus HIV. Sebanyak 89 persen penularannya terjadi melalui hubungan seksual tanpa ‘pengaman’. Untuk mencegah korban semakin banyak, perlu pemahaman mengenai hubungan seksual aman demi terhindari dari ancaman penyakit menular seksual.

1. Setia pada pasangan:
Cara terbaik mencegah penyakit menular seksual adalah setia pada pasangan dan memastikan pasangan juga setia kepada Anda. “Melakukan seks hanya dengan pasangan Anda mengurangi risiko penyakit seksual,” kata Dr Kiran Coelho, ginekolog senior asal India. “Mengetahui status seksual pasangan juga sangat penting.”

2. Gunakan ‘pengaman’
Penyakit menular seksual terjadi ketika cairan tubuh berpindah antarmanusia melalui hubungan seksual. Itulah mengapa penggunaan kondom seringkali diandalkan untuk pencegahan penularan penyakit seksual.

3. Lindungi diri sendiri
Jangan bergantung pada pasangan. Kini, pelindung semacam kondom juga tersedia bagi wanita. Tapi, memilih kondom juga tak boleh sembarangan. Para peneliti dari Universitas Utah di Salt Lake City Amerika baru-baru mengembangkan kondom gel khusus untuk wanita. Bahan gel diyakini mampu memerangkap zat asing dalam vagina termasuk sperma, dan virus berbahaya seperti HIV, herpes, dan papilloma virus, penyebab kanker serviks.

4. Kontrasepsi tidak melawan infeksi
Cara penularan penyakit menular seksual bermacam-macam, bisa karena bakteri, virus, jamur dan protozoa. Dan, pil kontrasepsi tidak akan melindungi Anda dari infeksi.

5. Jangan terlalu banyak douche
Douche memang diyakini mampu menjaga kebersihan organ intim. Namun, pembasuhan organ intim dengan cairan khusus terlalu sering justru berpotensi membunuh bakteri baik yang berperan melindungi organ intim.