Diperkirakan saat ini perempuan Jepang dapat hidup mencapai usia 86,44 tahun. Ini menandai rekor baru dalam umur panjang, demikian ungkap Pemerintah Jepang. Baik perempuan maupun pria Jepang memperpanjang rata-rata harapan hidup. Jangka waktu perempuan naik hampir lima bulan, sementara pria bertambah hampir empat bulan, yakni mencapai 79,50 tahun.

Rata-rata harapan hidup perempuan Jepang merupakan angka tertinggi umur panjang selama 25 tahun berturut-turut. Harapan hidup pria turun dari posisi empat menjadi urutan kelima tahun lalu. Dengan penanganan medis yang baik, makanan yang sehat, dan standar hidup yang tinggi di Jepang, jangka waktu umur panjang di negara tersebut terus bertambah karena kematian dari kanker, kelainan jantung, stroke, dan radang paru-paru menurun, lapor Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang.

Meskipun panjang usia merupakan kabar bagus, namun perpanjangan jangka waktu harapan hidup menandakan pertumbuhan populasi lansia. Populasi penduduk manula membutuhkan penanganan pelayanan pemerintah, program pensiun, dan menyebabkan kekurangan tenaga kerja. Bagi perempuan, Hong Kong menempati urutan kedua dalam umur panjang yaitu 86,1 tahun dan Perancis menempati urutan ketiga yaitu 84,5 tahun. Untuk pria, Qatar menempati posisi tertinggi di daftar yaitu 81 tahun, Hong Kong menempati urutan kedua dengan 79,8 tahun, dan Islandia di urutan ketiga dengan 79,7 tahun.  (The Epoch Times/arf)