Perempuan di Jakarta kini harus bangga dan bersyukur dengan telah diluncurkannya kereta khusus wanita (KKW). Peluncuran kereta tersebut diresmikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar. Tujuan diluncurkannya kereta eks Tokyo Jepang yang hanya diisi kaum hawa tersebut adalah merupakan tindakan pencegahan agar tidak terjadi kekerasan terhadap perempuan. Selain itu, untuk mengurangi angka pelecehan seksual di dalam transportasi umum khususnya kereta.

Walaupun tidak semua kereta ada gerbong khusus wanita, namun beberapa penggunan kereta khusus wanita yang ditemui Era Baru Net di Stasiun Kereta Kota mengatakan cukup aman saat menaiki kereta tersebut, tak terkecuali Ibu Euis. “Saya merasa bangga ya dengan adanya kereta khusus wanita. Selain itu, dari segi keamanan bisa terjamin,” ujar Ibu yang berprofesi sebagai guru tersebut.

Mungkin belum maksimal yang dilakukan pemerintah. Karena dalam hal ini, pemerintah hanya memberikan dua gerbong untuk khusus wanita dari delapan gerbong kereta. Dan hanya kereta Ekspres Depok, Pakuan Bogor, dan kereta listrik ekonomi AC yang ada gerbong khusus wanitanya. Tidak seperti kereta lainnya, terasa jelas nuansa wanitanya dalam kereta yang diresmikan 19 Agustus lalu. Bila digambarkan, tiga kata yang bisa dideskripsikan bersih, sejuk, dan aman. Betapa tidak, kereta yang disejukan air conditioner tersebut dijaga oleh beberapa petugas. Amankan? Ya, walaupun tidak semua petugas keamanannya adalah wanita.

Jika dilihat dari fisiknya, gerbong kereta khusus wanita tersebut tidak berbeda dengan gerbong lainnya. Karena pada awalnya gerbong tersebut merupakan satu kesatuan dari kereta tersebut. Hanya saja fungsinya yang diubah. Namun tidak semua orang mengetahui adanya kereta khusus wanita. Hal tersebut seperti yang dialami Ratna. Gadis yang bertempat tinggal di daerah Mangga Dua tersebut mengaku baru mengetahui adanya kereta khusus wanita.

“Saya baru tau tadi pas naek kereta. Setuju sih, tapi aga sedikit ribet aja kalo naek keretanya bareng pacar atau teman cowok,” ujarnya di dalam kereta. Gadis berparas cantik tersebut pun mengharapkan agar pemerintah lebih giat lagi mensosialisasikan kereta khusus wanita ini. Karena menurutnya masih banyak wanita-wanita lain yang tidak mengetahui adanya kereta khusus wanita.

Lebih lanjut gadis berpostur tinggi tersebut mengungkapkan, kereta yang berdominasi warna pink tersebut mudah-mudahan tidak hanya ada di KRL jurusan Jakarta Depok dan Bogor saja. Harapan masyarakat pun mulai bergairah setelah diluncurkan kereta khusus wanita. Mereka berharap kereta khusus wanita tersebut bisa diluncurkan juga kereta luar kota.